Thursday 2 February 2012

Nasib cinta di zaman urban.


Cinta satu malam oh indahnya
Cinta satu malam buatku melayang
Walau satu malam akan slalu ku kenang
Slama-lamanya...

Terdengar jelas di teliang yang nyaris tuli ini ketika badan masih bergoyang di
dalam sebuah kotak besi (miniarta). Ketika itu pukul delapan malam saat yang tepat untuk bercengkrama dalam dekapan kehangatan keluarga. Tapi aku malah duduk ditempat yang bejubel penumpang sambil terus mendengarkan lirik laku yang disinyalir sesat oleh fikiran ini.

“cinta ko Cuma semalem kaya obatnyamuk elktrik ajah abis semalem di buang”, gerutu ku pelan
“yah gitu lah mas namanya juga jaman sekarang pengen yang serba instan, termasuk cinta mas”, sapa pria paruhbaya yang duduk disebelah ku.


“iyah tuh udh tau anak muda sekarang gampang kebawa lingkungan kaya yang ga punya filter buat begaul, eh di tambah lagi banyak media yang mendukung anaka2 sekarang buat menyalahkan arti kata cinta, kaya sineton lah yang isinya pacaarn mulu, lagu2 lah yang suka banyak mengambil tema cinta yang berlebihan, kaya yang ga tau ajah penikmatnya juga anak2”, sambut ku dengan nada semangat
“ hahaha dan hasilnya mental para pemudanya jadi melankolis, bertekuk lutut pada nyang namanya cinta, padahal cinta yang ssesungguhnya bukan kaya gitu, cinta yangn sesungguhnya menghindarkan kita dari perbuatan keji dan mungkar”, tak kalah semnagat pria itu s=menyambut komentar ku
“ wah udah kaya solat dong bang, yang katanya bisa menghindarkan diri dari perbuatan keji dan mungkar?”, tanyaku
“ ya gitu dh mas, kalo solat itu dilaksanankan dengan sepenuh hati dan kesadaranakan arti makna setiap bacaannya, cinta juga kalo difahami dengan benar hasilnya ga jauh beda loh mas”, jelas pria paruhbaya itu.
“ wah kayanya mesti ada kuliah umum nh tentang cinta, hehehe”, seru ku dengan nada canda
“ iyah biar orang2 ga banyak yang cerai setelah perkawinannya berumur 1 bulan. Wah mas saya mesti turun nh, yo mas duluan”, sambil beranjak dari tempat duduknya pria itu keluar melangkah meninggalan sang kotak besi yang menggeram seperti harimau kesemutan.

Cinta, sebenarnya apa sih yang dimaksudkan dengan gabungan 5 huruf itu?. Banyak orang yang dengan gampangnya menyataka aku cinta kepadamu sedangkan ada lagi yang susah sekali ketika akan mengucap kannya,bahkan ada negara yang yang mengagungkan cinta tetapi pada aplikasinya diwujudkan dengan berciuman di pinggir jalan.

Jadi teringat dulu, ketika ibu masih bisa menghembuskan kebaikan ke kepala yang masih polos ini. Dalam fikirnya yang namanya cinta itu ada beberapa derajat, diantaranya yang masih ku ingat adalah cinta kepada sesama, cinta kepada orangtu dan keluarga, dan cinta kepada Allah SWT... dan yan paling tinggi derajatnya adalah cinta kepada allah. Beda halnya dengan yang terjadi sekarang cinta bukan sebuah batasan penghomatan ketika cinta kita terhadap pasangan hidup difahanmi secara menyeluruh maka akan ada batasan yang mengharuskan kita menjaga kehormatan pasangan kita, begitu juga ketika berpacaran, ketika kita memiliki seorang kekasih yang benar2 mencintainya dengan maksud agar dipersatukan dalam ikatan akad nikah, seharusnya yang dilakukan adalah saling menghargai kehormatan pasangan, berbeda dengan sekarang yang terjadi, rasa cinta dapat diaplikasikan dengan berciuman, berpelukan bahkan sampai melaksanakan hubungan layaknya suami istri.
Apakah itu yang dinamakan cinta pada era urban?. Apabila cinta yang diaplikasikan dengan cara tersebut itu bukan lah cinta melainka pemuasan nafsu sesaat yang dapat ,menjerumuskan kita kedalam lubang kesesatan dan kesengsaraan. Bagaimana tidak ketika cinta disalah prektekan maka akan banyak kejadian MBA (married by aciden) bahkan ada sekolah yang setiap tahunnya harus merelakan anak didiknya keluar sebelum menyandang gelar alumni sekolahan tersebut. Kejadian tersebut akan berdampak serius apa bila tidak segera ditanggulangi dengan tepat.
Pemahaman cinta yang harus diterapkan sejak dini adalah hal yang wajib dilakukan oleh para orang tua, bahwa sannya cinta adalah perasaan yang diberikan oleh allah dan harus dikembalikan ke allah juga agar cinta dapat ditanganni dengan benar, berpacaran yang sehat mungkin sulit untuk dilakukan, tatapi alangkah baiknya kitika pasangan tersebut melakukan hubungan jarak jauh, banyak orang meragukan kelanggengan pacaran gaya jarak jauh ini tetepi apabila kita liah dari segi positif dan sedikit brfikir dewasa, hubungan ini akan menjadi efektif ketika tujuan kita adalah pernikahan. Dengan adanya sebuah kepercayaan yang kuat terhadap pasangan makan hubungan ini akna menjadi lebih indah.

2 comments:

Oecy28 said...

aku setuju dengan pendapatnya tentang pasangan jarak jauhhhh..
jarak bukan alasan hubungan seseorang th hancur tapi bisa menghindari diri dari perbuatan yang diharamkan oleh Allah SWT...
hahahahah

Ashahib Fresha Alfarra Charnita said...

oh gitu yah... klo masalah pacaran yang penting adalah finishing toutchnya... berani nggak si pacar ngajak nikah, kalo nggk berani putusin ajah krna dy nggak serius